Pentingnya Penggunaan Seat Belt / Sabuk Pengaman Bagi Pengendara Kendaraan Dan Penumpang

Seat belt/ Sabuk pengaman adalah bentuk perlindung tubuh yang dikenakan pada saat mengendara kendaraan/LV/unit berbentuk sabuk / selempang yang termasuk dalam perlengkapan kendaraan terbuat dari bahan keras dan lentur.
Menggunakan safety belt saat kita mengendarai kendaraan/LV sangat penting, karena dapat menyelamatkan nyawa kita dan juga para penumpang kita. Semua orang tidak ingin terjadi kecelakaan tapi setidaknya kita harus berusaha untuk menyelamatkan nyawa kita ketika terjadi kecelakaan dengan menggunakan alat keselamatan diri yaitu sabuk keselamatan.
Umumnya, seat belt atau sabuk keselamatan dalam kendaraan hanya dikenakan oleh pengendara dan penumpang yang ada di sebelahnya atau penumpang di bangku depan. Padahal, penumpang di bangku belakang pun rentan cidera ketika terjadi kecelakaan.
Mengenakan sabuk pengaman bagi penumpang yang duduk di bangku belakang Kendaraan LV biasanya adalah hal yang jarang bahkan tidak pernah dilakukan. Hal ini karena kebanyakan penumpang merasa bahwa aman-aman saja duduk di belakang tanpa harus mengenakan seat belt. Jangankan mengenakan seat belt di bangku belakang, terkadang masih banyak orang yang enggan mengenakan sabuk pengaman walau mereka sudah duduk di bangku bagian depan.
Seat belt merupakan fitur standar keselamatan. Secanggih apapun kendaraan jika penumpang LV tidak mengenakan sabuk pengaman, maka peluang cidera saat kecelakaan menjadi sangat besar. Ironisnya, meski sebagian besar produk mobil telah menyediakan sabuk pengaman hingga kursi belakang, seat belt tersebut sangat jarang digunakan.
Padahal, seat belt-punya peran sangat penting untuk menghindari risiko saat terjadi kecelakaan maut yang berujung pada kematian. Banyak kasus kecelakaan yang mengakibatkan kematian dan cidera berat karena tidak mengenakan seat belt.
Maka, jangan mengira duduk di bangku belakang otomatis aman atau menganggap hanya penumpang yang duduk di bangku depan saja yang wajib pakai seat belt, dengan alasan paling rawan degan benturan. Kasus kecelakaan berujung maut yang tidak jarang terjadi karena penumpang tidak mengenakan seat beltdi bangku belakang sudah cukup memberi membuktikan.
Sekali lagi, jangan pernah remehkan fungsi seat belt pada mobil Anda. Jika melakukan perjalanan jauh dan panjang, walaupun duduk di belakang pastikan Anda juga mengenakan sabuk pengaman. Ingat, seat belt dibuat bukan sekadaraksesoris mobil, tapi untuk melindungi Anda dari risiko kecelakaan di perjalanan.

Views All Time
Views All Time
178
Views Today
Views Today
1

Leave a Reply