Pembukaan Bulan K3 Nasional 2017 Di Krassi

    Bulan Januari tahun 2017 merupakan bulan dilaksanakannya Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional yang dimulai pada tanggal 12 Januari 2017 dan berakhir pada tanggal 12 Februari 2017. Tema Bulan K3 Nasional Tahun 2017 adalah “Dengan Budaya K3 Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Menuju Masyarakat Yang Selamat, Sehat dan Produktif”. Setiap Tahun PT Mandiri IntiPerkasa bekerja sama dengan PT Riung Mitra Lestari Jobsite Krassi dalam melaksanakan Peringatan Bulan K3 Nasional.

Pembukaan Bulan K3 Nasional Tahun 2017 diselenggarakan PT Mandiri IntiPerkasa berupa pertemuan seluruh Mitra Kerjanya. Pertemuan tersebut diadakan tepat pada tanggal 12 Januari 2017 pada pukul 10:00 Wita di ruang meeting kantor PT MIP. Departemen K3 PT MIP yang diwakili oleh Didik Setiawan memaparkan kejadian dan statistik kecelakaan seluruh perusahaan yang terjadi di wilayah PKP2B PT Mandiri IntiPerkasa. Kemudian Didik Setiawan juga mempresentasi kegiatan-kegiatan Bulan K3 Nasional yang diadakan oleh Departemen K3 PT MIP yaitu Senam Sehat, Lomba Cerdas Cermat, Pelatihan Pembekalan POP, Pelatihan Emergency Response Team, Pelatihan DDC, dan Pelatihan Leadership. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan bekerjasama dengan Mitra Kerja PT MIP terutama PT Riung Mitra Lestari turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun 2017 merupakan pertama kali PT Riung Mitra Lestari Jobsite Krassi secara internal menyelenggarakan kegiatan Peringatan Bulan K3 Nasional. Peringatan Bulan K3 Nasional 2017 secara resmi dibuka dengan Pertemuan Komite K3L Level 1/P2K3 yang diselenggarakan pada tanggal 14 Januari 2017 di Kantor PT RML. Pertemuan Komite K3L Level 1/P2K3 & Pembukaan Bulan K3 Nasional 2017 PT Riung Mitra Lestari dihadiri Pengurus, Anggota Komite dan Wakil Komite K3L. Agung Herwidia sebagai presentator dalam pertemuan tersebut memaparkan performa K3 tahun 2016, statistik kecelakaan yang terjadi 2016 serta kegiatan-kegiatan Bulan K3 Nasional 2017.

Diakhir sesi pertemuan diisi sambutan dari Ketua Komite K3L Level 1 (Project Manager) yang diwakili oleh Bp. Afrizon selaku Plt. PM. Dalam sambutannya disampaikan bahwa K3 tidak bisa terlepas dari segala aktifitas dalam pekerjaan. Pencapaian K3 tahun 2016 cukup memprihatinkan, kejadian kecelakaan kerja di tahun 2016 membuktikan bahwa faktor manusia masih menjadi dominan dan artinya masih banyak karyawan yang melakukan tindakan tidak aman dalam bekerjaan. Hal tersebut tidak dapat terus didiamkan melainkan harus diubah, perubahan tersebut harusnya dimulai dari dalam diri setiap para karyawan.

Bp. Afizon juga menyampaikan bahwa tahun 2017 ini harus menjadi lebih baik, perubahan yang dilakukan tentunya harus ditunjukan dengan tindakan aman dan selamat menjadi budaya bersama dalam bekerja. Melalui Peringatan Bulan K3 Nasional 2017 ini menjadi momentum yang tepat, bersama-sama kita tebarkan bibit budaya K3 di PT Riung Mitra Lestari Jobsite Krassi dan tidak hanya dilakukan hanya waktu sebulan ini akan tetapi tetap di budayakan seterusnya. Menutup sambutannya dan secara resmi membuka Peringatan Bulan K3 Nasional 2017 dengan ditekannya tombol sirene, Bp. Afrizon berpesan untuk selalu bekerja dengan aman, patuhi segala aturan K3 & Perusahaan. Jangan lupa untuk berdoa dahulu sebelum bekerja agar segala usaha kita dapat menjadi berkah untuk diri sendiri, keluarga, perusahaan, dan Negara. Dan yang terpenting tahun 2017 kita terbebas dari cidera pada karyawan dan kerugian akibat kecelakaan bisa diturunkan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Post by AHP
Views All Time
Views All Time
193
Views Today
Views Today
1

Leave a Reply