Pemenang Itu Selain Cerdas Harus Cermat

Serangkaian kegiatan Bulan K3 Nasional 2017 diselenggarakan oleh PT Mandiri IntiPerkasa (PT MIP, salah satu kegiatan yang di tunggu adalah Lomba Cerdas Cermat K3, karena lomba ini yang pertama kali diadakan oleh PT MIP disamping itu hadiahnya juga menjadi motivasi peserta untuk menjadi yang terbaik. Hadiah yang diperebutkan yaitu uang senilai Rp. 2.000.000,- untuk pemenang pertama, Rp. 1.500.000,- untuk pemenang kedua dan uang senilai Rp. 1.000.000,- untuk pemenang ketiga.

Lomba Cerdas Cermat diadakan pada tanggal 16 Januari 2017 diikuti 13 tim dari berbagai perusahaan mitra kerja PT MIP dan PT MIP. Perlombaan di bagi menjadi 3 babak, yaitu babak penyisihan, babak semifinal dan babak final. Babak penyisihan dibagi menjadi 3 sesi, namuN pada babak penyisihan ini terdapat 4 tim yang didiskualisifikasikan karena tidak hadir sehingga menyisakan 9 tim yang bertanding.

PT Riung Mitra Lestari mengirimkan 4 tim dan hanya 2 tim  yang bertanding. Tim M yang terdiri dari M. Reffi, Aldy Juliansyah dan Okki Wicaksana mendapatkan kesempatan bertanding di sesi pertama babak penyisihan. Tim M berhasil mendapat poin tertinggi menyisihkan tim dari PT MIP dan PT MKP sehingga lolos masuk babak berikutnya. Tim J yang terdiri dari Yustizi Lazuardi, Eko Sekoco dan Jayanti Mandasari adalah satu-satu tim yang anggotanya seorang wanita, sehingga cukup membuat perlombaan menjadi lebih menarik. Tim J bertanding di sesi ketiga dalam babak penyisihan dan berhasil lolos menuju babak semifinal.

Babak semifinal yang diselenggarakan di hari tersebut menjadi menarik karena mempertandingkan 2 tim dari PT Mandala Karya Prima dan 2 tim dari PT Riung Mitra Lestari. Pada babak ini temperatur lomba cerdas cermat menjadi lebih memanas dari babak sebelumnya sehingga perlu tenaa ekstra dari moderator yang dibawakan oleh Agustini Pardosi (PT MIP) dan tim juri terdiri dari 3 orang yang diwakilkan masing-masing 1 orang dari PT MIP, PT MKP dan PT RML. Sistem babak semifinal berbeda dari babak sebelumnya karena terdapat pengurangan nilai di soal perebutan dengan menekan tombol bel sebellum menjawab. Akhir babak semifinal harus menyisihkan Tim J yang hanya mendapat nilai 20 dan harus tersisih untuk babak selanjutnya.

Tanggal 17 Januari 2017 merupakan hari yang penting bagi peserta lomba cerdas cermat karena merupakan babak final merebutkan pemenang pertama, kedua dan ketiga. Babak final terdiri dari 3 sesi yaitu, sesi pertama soal panjang yang ditujukan masing-masing tim, soal kedua adalah soal yang harus ditulis dan harus dijelaskan oleh masing-masing tim sedangkan babak ketiga adalah soal rebutan dengan nilai bertingkat disetiap soalnya. Pengurangan nilai juga ada dalam babak final sehingga setiap tim harus bermain stratergi dalam babak final. Tentunya tekanan semakin tinggi di babak ini serta hanya “Panas” menyelimuti suasana ruangan.

Dalam babak final sorotan tertuju pada Tim M dari PT RML, salah satu anggota tim yang terkenal dengan kecepatan menekan bel yaitu M.Reffi namun jarang sekali ikut menjawab soal karena sering diselimuti rasa grogi dalam perlombaan, sehingga menjadi gelak tawa penonton, tim juri dan panitia. Kondisi ini membuat tensi perlombaan sedikit menghangat dan membuat hiburan tersendiri dalam suasana lomba cerdas cermat. Tim M dalam sesi 1 dan 2 menjadi tim yang mendapat nilai terendah dibandingkan tim yang lain yaitu hanya mendapat nilai total 20 disebabkan Tim M telah mengantongi 25 nilai pengurangan. Namun pada sesi 3 Tim M berusaha bangkit dengan stratergi kecepatan dalam menekan bel dan meraih nilai tambahan yang cukup dinggi dari sesi ini. Setelah akhir babak final, tim juri membacakan nilai total dari semua sesi. Tim M akhirnya mendapatkan nilai 280 dan berhasil menjadi pemenang pertama dalam lomba cerdas cermat PT MIP dan berhak meraih hadiah senilai Rp. 2.000.000,-. Selamat untuk tim M semoga menjadi juara bertahan di tahun depan dalam lomba cerdas cermat Peringatan Bulan K3 Nasional.

Views All Time
Views All Time
82
Views Today
Views Today
1

Leave a Reply