Salam Rescue, Siap Tanggap Darurat

Bersemangat saat mengucapkan salam Rescue dengan keras jawaban “ Siap Tanggap Darurat” oleh para peserta pelatihan dasar Emergency Response Team (ERT) membuat atmosfir PT Mandiri IntiPerkasa (MIP) pada tanggal 24-29 Januari 2017 menjadi penuh energi positif, menyenangkan dan penuh rasa kekeluargaan. Acara rutin yang diselenggarakan oleh PT MIP dalam rangka Peringatan Bulan K3 Nasional setiap tahunnya. Pelaksanaan Pelatihan ERT tahun 2017 yang tidak berubah adalah intruktur yang sama dari tahun ke tahun yaitu Bapak Yudi Hermansyah, yang mengawali kiprahnya di dunia Fire And Rescue sejak tahun 1995. Intruktur ERT yang akrab dengan panggilan “Suhu” ini telah mengikuti berbagai pertandingan Fire And Rescue skala Nasional maupun Internasional serta sebagai relawan penanggulangan bencana dan kecelakaan. Dari pengalaman beliau itulah yang menjadi motivasi untuk membagi ilmunya ke para relawan ERT.

Pelatihan ERT tahun 2017 yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah jumlah kepesertaannya lebih banyak sekitar 29 orang dan diikuti dari luar mitra kerja PT MIP yaitu PT Hasnur Riung Sinergi – Jobsite Rantau, PT Riung Mitra Lestari – Jobsite Embalut & Melak. Selain itu, anggota senior ERT PT MIP turut membantu dalam pelatihan ERT membagikan ilmu Rescue kepada para peserta. Setiap pagi dimulai pukul 05:30 Wita, peserta diajak untuk latihan fisik berupa lari lapangan, push-up, senam peregangan otot dan Yoga. Pada awalnya para peserta mengalami kelelahan dan nyeri otot karena belum terbiasa dengan aktifitas tersebut. Jupri, salah satu peserta contohnya, dia sempat terjatuh dan mata berkunang-kunang akibat “kaget” dengan aktifitas barunya tersebut.

Pelatihan ERT dilakukan di dalam kelas yang berisi materi teori dalam penyelamatan kecelakaan dan di luar ruang kelas ketika praktek penyelamatan korban. Materi Pelatihan ERT tahun ini meliputi Penanganan First Aid, Immobilisasi Korban Kecelakaan, Haul Truck Accident Rescue, Jungle Rescue, Vertical Rescue/High Angle Rescue, Rope & Knot, Water Rescue. Tujuan Pelatihan selain menumbuhkan jiwa penolong dan melatih mental dalam diri peserta, juga supaya terbentuknya tanggap darurat apabila terjadi kecelakaan yang menimpa pekerja. Ilmu penyelamatan korban tidak hanya dapat diaplikasikan dalam lingkungan pekerjaan namun juga dapat digunakan di kehidupan sehari-hari diluar pekerjaan.

Dalam melakukan pertolongan korban, peserta dilatih untuk tepatan dalam menangani korban dan cepat dalam penanganan serta siap dalam menghadapi situasi darurat. Seperti halnya dalam materi Haul Truck Accident Rescue dengan contoh kasus terjadi kecelakaan High Dump Truck  menabrak vessel High Dump Truck yang sedang parkir, peserta harus menolong sopir yang menjadi korban dan mengalami tidak sadarkan diri serta curiga tulang belakang, tulang leher, tulang tungkai bawah patah dengan penanganan yang tepat dan cepat. Namun, karena rata-rata peserta masih baru maka peserta masih diselimuti rasa panik dan bingung. Rasa panik dalam kondisi darurat akan hilang jika tim penyelamat kecelakan secara rutin melakukan pelatihan dan meningkatkan kemampuan dalam melakukan pertolongan.

Di akhir Pelatihan ERT, diadakan acara pemilihan pengurus ERT PT MIP  baru tahun 2017. Tak ketinggalan tradisi ERT PT MIP yaitu masak dan makan bersama seluruh anggota ERT serta peserta Pelatihan ERT. Tradisi ini sengaja terus dilestarikan agar menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kekompakan antar anggota ERT. Suasana keakraban selalu terasa kental dalam tradisi ini sehingga sebagai pondasi membentuk semangat tim untuk siap melakukan pertolongan dalam keadaan darurat. Sebab ERT selalu Siap Tanggap Darurat, Salam Rescue Krassi.

Contributor by AHP


Views All Time
Views All Time
142
Views Today
Views Today
1

Leave a Reply