Siap Bekerja Aman Tanpa Mengalami Kelelahan

Di suatu perusahaan tambang besar, pernah terjadi suatu kecelakaan yang diakibatkan seorang pekerja tertidur pada saat mengendarai kendaraan Dump Truck di Hauling Road dan bertabrakan dengan Dump Truck lain yang datang dari arah depannya. Pekerja tersebut mendapatkan satu jahitan pada luka dikepalanya dan baru bisa kembali bekerja keesokan harinya. Sedangkan kendaraannya rusak berat. Dalam penyelidikan penyebab pengemudi  tersebut tertidur karena pada malam harinya sebelum terjadi kecelakaan, dia menonton pertandingan sepak bola sepanjang malam.

Tubuh manusia memerlukan istirahat yang cukup setelah melakukan aktivitas, istirahat yang cukup dengan tidur kira-kira 5-8 jam di malam harinya. Kerja yang dilakukan secara terus menerus tanpa istirahat yang memadai akan memberikan dampak negatif pada sistem tubuh. Hal ini sangat berbahaya bagi pekerja, terutama mereka yang dituntut untuk memberikan konsentrasi yang tinggi pada pekerjaan yang beresiko. Bagi anda yang bekerja berturut-turut selama dua minggu, usahakan untuk mendapatkan istirahat satu hari penuh untuk memulihkan stamina anda.

Kondisi kelelahan bekerja dapat menimbulkan potensi resiko yang kritikal, karena dapat membahayakan diri pekerja. Salah satu tanda kelelahan adalah mengantuk saat bekerja. Mengantuk dapat disebabkan kurangannya istirahat dan asupan oksigen ke otak yang berkurang, akibatnya berpotensi terjadinya kecelakaan saat bekerja terutama dalam hal mengendarai kendaraan.

Bila pekerja merasakan kurang sehat atau lelah untuk bekerja, maka pekerja harus melapor kepada atasannya dan Jangan memaksakan diri untuk terus bekerja, karena hal tersebut dapat mencelakaan diri pekerja dan orang lain. Tapi ingat, jangan menyalahgunakan alasan kelelahan sebagai alasan untuk tidak bekerja. Lakukan istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi dan teratur, olahraga yang cukup dan perbanyak untuk minum air Putih, supaya anda selalu siap untuk bekerja dan bekerja dengan selamat.

Post by AHP
Views All Time
Views All Time
57
Views Today
Views Today
1

Leave a Reply