Happy Ending Bulan K3 Nasional 2017 PT Riung Mitra Lestari Jobsite Krassi

 

Tampak wajah-wajah datar mengawali dimulainya General Safety Talk Penutupan Peringatan Bulan K3 Nasional 2017 ketika barisan disiapkan oleh Aris Acong selaku Pemimpin upacara, barisan secara serentak mengikuti arahan sang pemimpin yang sigap memberi perintah. Sejak tanggal 12 Januari 2017 diadakan berbagai kegiatan dalam merangsang budaya K3 setiap individu pekerja suatu perusahaan dan tepat pada tanggal 12 Februari 2017 Bulan K3 Nasional secara resmi ditutup, ya…. ditutup acaranya tetapi tidak semangatnya.

“DENGAN BUDAYA K3 KITA TINGKATKAN KUALITAS HIDUP MANUSIA MENUJU MASYARAKAT YANG SELAMAT, SEHAT DAN PRODUKSI” adalah Tema Bulan K3 Nasional 2017 yang bertujuan membentuk pola pikir pekerja dalam rutinitasnya bekerja untuk selalu menggaungkan prilaku Selamat dan sehat  menjadi benteng kokoh sehingga selalu terhidar dari bahaya yang dapat mengakibatkan kecelakaan dan mennjadi perhatian serius bagi dunia kerja umumnya dan secara khusus bagi dunia pertambangan. Jika Sumber daya manusia telah selamat, sehat dan terhindar dari Kecelakaan maka peningkatan produktifitas dapat dicapai sehingga dapat memperbaiki kualitas hidup yang lebih baik.

Berbicara tentang Budaya yang menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) didefinisikan sebagai pikiran, akal budi atau sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sukar diubah. Sedikit rangkuman mengenai sambutan Project Manager Heru Dwi Wahyudi dijelaskan bahwa jika dalam suatu komunitas terdapat satu atau dua orang yang melakukan aktifitas yang menyimpang dari peraturan maka kondisi ini masih dalam fase wajar artinya untuk induvidu tersebut masih dapat disentuh dengan memberikan masukan yang mengarah pada perubahan tetapi jika sebagian besar penghuni komunitas melakukan penyimpangan maka  ada hal yang perlu dicermati bahwa mungkin saja telah terjadi perubahan mindset (pola pikir) sehingga hal yang sebelumnya benar “diplesetkan” menjadi sesuatu yang salah. Sebagai contoh, Kebiasaan bangun tidur telat oleh beberapa induvidu di perusahaan Kita masih sebagai hal  yang wajar akan tetapi jika sebagian besar karyawan bangun telat maka indikasinya bahwa “kejadian bangun telat” telah menjadi suatu budaya.

Banyak yang dapat kita pelajari terkait budaya, sebagai contoh negeri para Samurai Jepang dikenal sebagai negeri dimana rakyatnya terkenal dengan budaya berdisiplin tinggi mulai dari disiplin dalam bekerja sampai pada kedisiplinan mereka dalam membuang sampah, hal ini dibuktikan dengan kota-kota mereka yang begitu bersih dan terawat dengan baik. Budaya positif inilah yang berbuah pada kemajuan teknologi di negeri  Matahari terbit dengan lahirnya beranekaragam produk-produk berteknologi tinggi. Begitulah kira-kira jika kita mengartikan Tema Bulan K3 Nasional di Tahun 2017.

Kembali ke General Safety Tak penutupan Peringatan Bulan K3 Nasional 2017, tampak matahari semakin cerah secerah wajah-wajah berseri-seri yang mendapatkan hadiah sebagai best participant selama berlangsungnya Bulan K3 Nasional 2017. Terdapat beberapa kategori yang dilombakan antara lain lomba safety talk kreatif, lomba meme K3, Slogan K3 dan masih banyak lagi babak bonus yang diberikan pada acara penutupan Bulan K3 Nasional 2017 dan yang paling menginspirasi para peserta General Safety Talk yaitu Oky Wicaksana Putra biasa dipanggil “Mojo” yang namanya selalu disebut panitia karena keberhasilannya menyabet predikat pemenang  2 Lomba Slogan Peduli K3, Pemenang 3 lomba Meme peduli K3, dan pencapaian SAP Terbaik sampai capek tukang fotonya, peace Pak Mojo. Hehehehe……). Saat pengumuman pemenang Lomba Safety talk Kreatif merupakan suasana yang menegangkan dan ditunggu-tunggu, maka diumumkan kelompok Tambang dari Prod&TDC Dept sebagai pemenang utama lomba Safety Talk kreatif dengan gerakan pesawat terbangnya (semoga target produksi kita selalu terbang tinggi ya Pak biar banyak dapat bonus dan yang masih jomblo cepat nikahnya). Rasa bangga pada hari itu adalah keberhasilan PT Riung Mitra Lestari menjuarai pertama pada lomba cerdas cermat yang diselenggarakan oleh PT Mandiri IntiPerkasa, kalian luar biasa bro salut untuk kalian dan tingkatkan apa yang telah dicapai.

 

“Riung…Riung…Riung kebanggaanku dimanapun kau berada selalu nomor satu…. “ dinyanyikan dengan hentakan kaki berirama para peserta General Safety talk penutupan Bulan K3 Nasional 2017. Semoga Selamat, sehat, dan produksi yang tercapai selalu membudaya pada PT Riung Mitra Lestari sehingga kualitas hidup kita terus meningkat dari waktu ke waktu.

Author: RRS, Editor: AHP
Views All Time
Views All Time
160
Views Today
Views Today
1

Leave a Reply