Safety Talk Itu Menyenangkan

Safety Talk adalah pertemuan rutin karyawan untuk membicarakan tentang K3 yang bertujuan untuk mengingatkan karyawan/pekerja akan potensi-potensi bahaya di tempat kerja dan membantu karyawan/pekerja untuk mengenali dan mengendalikan bahaya tersebut. Safety talk merupakan salah satu program untuk pencegahan terjadinya kecelakaan.
Safety talk diikuti dengan karyawan dan materi diisi oleh pengawas bertemakan tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lingkungan yang tujuannya mengajak seseorang untuk berprilaku aman dan peduli terhadap pencegahan pencemaran lingkungan. Safety talk di jobsite Krassi terdapat 3 jenis safety talk yaitu safety talk pit dari Prod & TDC Dept, safety talk Workshop dari Plant Dept & Logistic Dept dan safety talk office dari Eng&IT Dept dan GEA Dept. Selain itu setiap bulan terdapat general safety talk yang diikuti seluruh departemen di minggu pertama setiap bulannya.
Sebagian karyawan masih menganggap safety talk hanya sebatas rutinitas saja sehingga orang masih belum merasa bahwa safety talk itu tidak terlalu penting dan bahkan ada salah satu karyawan yang masih menilai bahwa safety talk itu membosankan. Dari berbagai tanggapan yang ada dan bahwa safety talk itu penting, maka dirasa perlu kemasan safety talk diubah menjadi menarik. Untuk membangkitkan antusiasme karyawan terhadap safety talk, pada Peringatan Bulan K3 Nasional 2017 diadakan Lomba Safety Talk Kreatif yang diikuti 3 kelompok berdasarkan lokasi sehingga persepsi terhadap safety talk yang sebelumnya membosankan menjadi menarik.

 

Pada tanggal 31 Januari 2017, lomba safety talk kreatif diawali oleh kelompok tambang dari Prod&TDC Dept. Kelompok tambang ini membagi barisan peserta berdasarkan jenis unit yang dioperasikannya dan barisan tersendiri untuk para pengawas. Mereka menampilkan kekompakan dengan menyerukan yel-yel yang “membakar” semangat peserta sehingga suasana menjadi meriah.  Suasana seperti inilah membuat peserta bersemangat untuk mengikuti, mendengarkan dan meninggalkan kesan bahwa safety talk sekarang itu mengasikkan.

 

Dua hari kemudian giliran safety talk dari kelompok workshop yang tidak mau kalah dengan kelompok lainnya. Kelompok Workshop lebih banyak menyuguhkan yel-yel di setiap bagian acara dalam safety talk. Kekompakan kelompok workshop ini dipamerkan oleh para peserta safety talk dengan selalu mengikuti instruksi dari pemimpin barisan mereka. Wajah yang gembira ditunjukkan dari setiap peserta.

 

Pada urutan terakhir, kelompok kantor menunjukkan kreasi dalam acara safety talk. Hal yang berbeda dibandingkan safety talk kreatif kelompok lainnya adanya peserta wanita yang membuat berbeda. Senyum yang menyegarkan dari wanita ini menjadi semangat tersendiri dari kelompok kantor yang juga tidak mau kalah dengan penampilan sebelumnya. Penyampaian materi dengan kreasi yang unik membuat peserta tidak mau melewatkan isi pesannya. Hal yang sama dari kelompok lainya yaitu menampilkan yel-yel yang merdu dan lantang. Suara yang merdu saat peserta safety talk kelompok kantor menyanyikan lirik “ Riung..Riung..Riung Kebanggaanku, dimanapun berada selalu nomor satu”. Kesan yang tertinggal dengan harapan untuk semua karyawan merasakan bahwa safety talk itu menyenangkan.

Views All Time
Views All Time
371
Views Today
Views Today
1

Leave a Reply