Identifikasi persyaratan legal HSE

Identifikasi persyaratan legal HSE

 

Daftar Isi

  1. Tujuan.
  2. Ruang Lingkup.
  3. Referensi
  4. definisi
  5. Tanggung-jawab dalam Identifikasi Peraturan Perundangan dan Persyaratan lainnya.
  6. Prosedur Identifikasi Peraturan Perundangan dan Persyaratan lainnya.
  7. Dokumen Terkait

1. Tujuan

Prosedur ini digunakan untuk :

    1. memastikan adanya pedoman/panduan dalam melakukan identifikasi Peraturan Perundangan dan Persyaratan lainnya yang terkait di Kegiatan bisnis PT. Riung Mitra Lestari (RML).

2. Ruang Lingkup

Prosedur  ini diberlakukan di PT Riung Mitra Lestari (RML).

3. Referensi

    • ISO 9001: 2008 klausul2 Customer Focus
    • ISO 14001 : 2004, Klausul 4.3.2 Legal and Other Requirements
    • OHSAS 18001:2007, Klausul 4.3.2 Legal and Other Requirements
    • Persyaratan SMK3 PP No. 50 Tahun 2012
    • Persyaratan SMKP Permen ESDM No. 38 Tahun 2014

4. definisi

    1. Persyaratan legal HSE adalah semua aturan hukum tentang HSE yang bersifat mengikat, dan sepihak yang dibuat atau dikeluarkan oleh pihak legislatif (Lembaga Perwakilan Rakyat), dan Lembaga Eksekutif (Lembaga Pemerintahan), maupun aturan hukum internasional.
    2. Persyaratan HSE lainnya adalah dalam pengertian ini adalah persyaratan HSE lain yang terkait dengan kegiatan operasi perusahaan seperti persyaratan dari pelanggan atau persyaratan internasional yang mengikat.
    3. Persyaratan legal Lingkungan adalah semua aturan hukum tentang Lingkungan yang bersifat mengikat, dan sepihak yang dibuat atau dikeluarkan oleh pihak legislatif (Lembaga Perwakilan Rakyat), dan Lembaga Eksekutif (Lembaga Pemerintahan), maupun aturan hukum internasional
    4. Persyaratan Lingkungan lainnya adalah dalam pengertian ini adalah persyaratan Lingkungan lain yang terkait dengan kegiatan operasi perusahaan seperti persyaratan dari pelanggan atau persyaratan internasional yang mengikat

5. Tugas dan Tanggung-jawab dalam Identifikasi Peraturan Perundangan dan Persyaratan lain.

    1. Direktur Operasional bertanggung-jawab memastikan adanya sistem untuk mengidentifikasi Peraturan Perundangan dan pesyaratan lain yang terkait dengan kegiatan usaha Perusahaan.
    2. Kepala Bagian K3L di kantor pusat bertanggung-jawab untuk memastikan Identifikasi Peraturan Perundangan dan Persyaratan lainnya yang terkait dengan Kegiatan usaha Perusahaan.
    3. Kepala Bagian K3L bertanggung-jawab memastikan adanya Daftar/data base peraturan perundangan dan persyaratan lain yang telah diidentifikasi.
    4. Kepala Bagian K3L bertanggung-jawab atas pemutakhiran Daftar/data base peraturan perundangan dan persyaratan lain melalui proses pengkajian ulang/Review.
    5. Kepala Bagian K3L bertanggung-jawab memastikan distribusi salinan daftar/data base peraturan perundangan dan persyaratan lain ke semua Job site.
    6. Document controller bertanggung-jawab untuk memastikan semua dokumen yang terkait Identifikasi Peraturan Perundangan dan persyaratan lainnya di simpan dan di berikan penomoran dengan baik.

6. Prosedur Identifikasi Peraturan Perundangan dan Persyaratan lain.

    1. Kepala Bagian HSE (orang yang di tunjuk) melakukan identifikasi Peraturan Perundangan dan Persyaratan Sumbernya seperti: buku perundangan, internet maupun dengan mengunjungi sumber-sumber perundangan yang terbaru (Pemerintah Daerah terkait/Depnaker/Departemen LH, dll).
    2. Kepala Bagian HSE (orang yang ditunjuk) menyusun Peraturan Perundangan dan Persyaratan K3L pada Form Daftar Peraturan Perundangan dan Persyaratan Lainnya serta Persyaratan Lingkungan.
    3. MR menyetujui dan menandatangani Daftar Peraturan Perundangan dan Persyaratan Lainnya serta Persyaratan Lingkungan.
    4. Kepala Bagian HSE melakukan pengkajian ulang/review untuk memutakhirkan/mengupdate daftar Peraturan Perundangan dan persyaratan lainnya dan Lingkungan lainnya yang masih berlaku, sekurang-kurangnya 1 tahun sekali.
    5. Daftar Peraturan Perundangan dan persyaratan lainnya di distribusikan untuk semua jobsite karena diperlukan kepada seluruh Manager terkait.
    6. Daftar Peraturan Perundangan dan persyaratan Lainnya, dan semua dokumen-dokumen mengenai Identifikasi Peraturan perundangan dan persyaratan Lainnya disimpan oleh Document Controller.

7. Dokumen Terkait

    • FRM-HSE-002_Formulir Identifikasi Persyaratan Legal dan Persyaratan Lainnya
    • FRM-HSE-003_Formulir Daftar Persyaratan Legal dan Persyaratan Lainnya
Views All Time
Views All Time
116
Views Today
Views Today
1