INDUKSI K3LH

INDUKSI K3LH

 

Daftar Isi

  1. Tujuan.
  2. Ruang Lingkup.
  3. Referensi
  4. Definisi
  5. Prosedur.
    5.1. Tugas dan Tanggung jawab Induksi K3L.
    5.2. Prosedur Pelatihan Induksi K3L.
  6. Dokumen Terkait.

1.  Tujuan

Prosedur ini bertujuan untuk

1.    Memastikan semua karyawan PT. Riung Mitra Lestari, Karyawan sub-Kontraktor dan Pengunjung (tamu) Site mendapatkan pelatihan Induksi Awal K3L.

2.    Induksi awal K3L bertujuan untuk memastikan semua orang yang di tugaskan bekerja di Jobsite sadar akan :

  • Semua bahaya dan resiko yang berkait dengan aktivitas mereka di Jobsite
  • Semua standar, prosedur dan peraturan yang digunakan dalam aktifitas mereka di Jobsite
  • Semua Prosedur Tugas Khusus yang digunakan untuk pekerjaan/posisi tertentu.
  1. Memastikan semua karyawan PT. Riung mitra Lestari, Karyawan sub-kontraktor mendapatkan Pelatihan Induksi penyegaran K3L (review tahunan).
  2. Memastikan bahwa Induksi Review K3L/Penyegaran K3L diberikan kepada semua orang yang bertugas di jobsite, guna memastikan bahwa mereka sadar akan bahaya dan resiko apapun yang terkait dengan aktifitas mereka serta mengetahui standard, Prosedure dan peraturan baru atau yang telah di revisi.

2.  Ruang Lingkup

Prosedur ini hanya berlaku di lingkungan PT Riung Mitra Lestari (RML).

3.  Referensi

  • ISO 9001:2008 Klausul 5.5.3 Internal Communication dan 6.6.2 Competence, Training and Awareness
  • ISO 14001:2004, Klausul 4.4.2 Competence, Training and Awareness 4.4.3 Communication dan 4.4.6 Operational Control
  • OHSAS 18001:2007, Klausul 4.4.2 Competence, Training and Awareness, 4.4.3 Communication, Participation and Consultation dan 4.4.6 Operational Control
  • Persyaratan SMK3 PP No. 50 Tahun 2012
  • Persyaratan SMKP Permen ESDM No. 38 Tahun 2014

4.  Definisi

  1. Pelatihan adalah peningkatan pengetahuan melalui metode penyampaian ilmu, keahlian dan keterampilan baik internal maupun eksternal untuk meningkatkan kompetensi di area kerja sesuai dengan bidang yang bersangkutan.
  2. Induksi K3L dalah salah satu pelatihan K3L bagi karyawan, kontraktor, supllier/pemasok dan tamu/pengunjung.
  3. K3L adalah Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup.
  4. Tamu/Pengunjung adalah orang yang diijinkan memasuki area kerja PT. Riung Mitra Lestari dalam waktu yang singkat.

5.  Prosedur

5.1. Tugas dan Tanggung-jawab Induksi K3L

Pelatihan Induksi K3L karyawan terdiri dari pelatihan induksi K3L awal dan pelatihan induksi K3L penyegaran/review serta Pelatihan induksi Khusus.

  1. Pelatihan Induksi K3L Awal.
  2. Manager Proyek bertanggung-jawab untuk memastikan
  3. Bahwa sistem pelatihan Induksi Awal K3L ada dan dilaksanakan di setiap Jobsite untuk semua Karyawan Baru.
  4. Menunjuk secara tertulis, Koordinator Pelatihan induksi K3L beserta beberapa orang yang membantu nya.
  5. Memastikan bahwa koordinator Pelatihan Induksi menyusun dan mempresentasikan Materi pelatihan induksi K3L awal.

Pelatihan induksi K3L awal dibagi menjadi 2 jenis induksi K3L awal yaitu :

  1. Induksi penuh

Induksi ini diberikan kepada semua karyawan baru yang bekerja di job site terkait baik karyawan PT. Riung Mitra Lestar atau sub-kontraktor. Induksi penuh terdiri dari :

  • Induksi di Kelas. Induksi mengandung informasi Kondisi Site secara umum, Peraturan dan standar K3L,  K3L Awareness , Pengenalan Riung-HSEM , Bahaya dan Resiko di tempat kerja, serta Permasalahan K3L lainnya.
  • Induksi Lapangan, Induksi diberikan di lapangan oleh atasan langsung  mencakup semua area dan penjelasan Prosedur Tugas Khusus yang berkaitan dengan aktivitas/pekerjaannya.
  1. Induksi singkat

Induksi ini diberikan kepada semua orang yang mengunjungi jobsite (Visitor). Induksi singkat berisi tentang penjelasan sebagai berikut :

  • Peraturan K3L yang berlaku di jobsite
  • Bahaya dan Resiko di site
  • Kondisi site secara umum
  • Hak dan kewajiban tamu
  1. Sistem induksi awal K3L harus memastikan tingkat pengetahuan karyawan mengenai standar, Prosedur dan Peraturan perusahaan, sehingga akan memudahkan managemen untuk memastikan adanya kepatuhan / pemenuhan persyaratan Hukum.
  2. Manager Proyek dan koordinator Pelatihan Induksi K3L, bertangung-jawab memastikan bahwa ada sistem dan peraturan site untuk menjamin semua karyawan PT. Riung Mitra Lestari, semua karyawan Sub-Kontraktor yang bekerja pada PT. Riung Mitra Lestari dan semua Pengunjung/tamu site mengikuti Pelatihan induksi awal sebelum mereka diijinkan masuk/bekerja di site.
  3. Koordianator Pelatihan induksi K3L bertanggung-jawab untuk menyusun ujian / test bagi karyawan yang mengkuti Pelatihan induksi awal K3L.
  4. Koordinator Pelatihan induksi K3L betanggung-jawab untuk menyusun rekaman pelatihan induksi awal semua karyawan.
  5. Setiap orang yang mengikuti induksi awal K3L (induksi penuh) dan dinyatakan lulus setelah mengerjakan ujian/test dengan nilai tertentu berhak mendapat ijin untuk masuk/bekerja di lingkungan PT. Riung Mitra Lestari
  1. Pelatihan induksi K3L Penyegaran/Review
  2. Manager Proyek bertanggung-jawab untuk memastikan
  3. Bahwa sistem pelatihan Induksi K3L penyegaran ada dan dilaksanakan di setiap Jobsite untuk semua Karyawan Baru paling lama 1 tahun sekali.
  4. Memastikan bahwa koordinator Pelatihan Induksi penyegaran menyusun dan mempresentasikan Materi pelatihan induksi K3L penyegaran / review.
  5. Koordinator Pelatihan K3L bertanggung-jawab memastikan bahwa selalu ada jadwal yang fleksibel dan komprehensif untuk pelatihan induksi penyegaran/review.
  6. Manager Proyek dan koordinator Pelatihan Induksi K3L, bertangung-jawab memastikan bahwa ada sistem dan peraturan site untuk menjamin semua karyawan PT. Riung Mitra Lestari, semua karyawan Sub-Kontraktor yang bekerja pada PT. Riung Mitra Lestari untuk mengikuti Pelatihan induksi penyegaran / Review satu tahun sekali.
  7. Pelatihan Induksi Penyegar / Review Tahunan harus mempunyai format dan isi yang sama seperti tercakup dalam Induksi Awal. Pelatihan Induksi Penyegar / Review harus fokus pada Bahaya dan Resiko ‘baru’ serta Standar, Prosedur dan Peraturan yang ‘baru / direvisi’ yang terkait dengan pekerjaan dan aktifitas karyawan.
  8. Koordinator pelatihan bertanggung-jawab untuk menyusun sistem ujian / test untuk pelatihan induksi K3L penyegaran dan memastikan seluruh karyawan yang melakukan pelatihan induksi K3L mengikuti ujian tersebut
  9. Koordinator Pelatihan induksi K3L betanggung-jawab untuk menyusun rekaman pelatihan induksi Penyegaran/review semua karyawan
  10. Karyawan yang mengikuti ujian / test pada Pelatihan induksi K3L harus mencapai angka tertentu sehingga dinyatakan lulus dan diberikan ijin untuk kembali bekerja pada bagian masing-masing.
  1. Pelatihan induksi K3L Khusus
  2. Manager Proyek bertanggung-jawab untuk memastikan
  3. Bahwa sistem pelatihan Induksi K3L Khusus bagi karyawan yang mutasi dari seksi ke seksi yang lain atau dari bagian ke bagian yang lainnya atau dari jobsite lainnya ada dan dilaksanakan di jobsite.
  4. Memastikan bahwa koordinator Pelatihan Induksi K3L menyusun dan mempresentasikan Materi pelatihan induksi K3L Khusus.
  5. Koordinator Pelatihan K3L bertanggung-jawab memastikan bahwa selalu ada jadwal yang fleksibel dan komprehensif untuk pelatihan induksi K3L Khusus.
  6. Pelatihan Induksi Khusus harus mempunyai format dan isi yang sama seperti tercakup dalam Induksi Awal.
  7. Koordinator pelatihan bertanggung-jawab untuk menyusun sistem ujian / test untuk pelatihan induksi K3L Khusus dan memastikan seluruh karyawan yang melakukan pelatihan induksi K3L Khusus mengikuti ujian tersebut.
  8. Koordinator Pelatihan induksi K3L betanggung-jawab untuk menyusun rekaman pelatihan induksi Khusus semua karyawan
  9. Karyawan yang mengikuti ujian / test pada Pelatihan induksi K3L Khusus harus mencapai angka tertentu sehingga dinyatakan lulus dan diberikan ijin untuk kembali bekerja pada section atau bagian atau jobsite yang baru.

 5.2. Prosedur Pelatihan Induksi K3L

  1. Pelatihan induksi awal K3L

A.1 Pelatihan induksi penuh K3L awal.  

  1. Semua karyawan baru yang telah menyelesaikan seluruh administrasi dari Bagian HRGA atau karyawan dari sub-kontraktor yang bekerja di area kerja PT. Riung mitra Lestari harus menerima Pelatihan induksi awal K3L dari Koordinator Pelatihan Induksi awal K3L.
  2. Semua Karyawan yang menjadi peserta Pelatihan induksi K3L awal harus mengikuti ujian / test tertulis diakhir pelatihan Induksi K3L awal.
  3. Peserta Pelatihan induksi K3L awal dinyatakan lulus jika hasil ujian / test mencapai angka yang telah ditentukan.
  4. Peserta yang telah dinyatakan lulus berhak mendapat ijin masuk dan bekerja di area PT. Riung Mitra Lestari.
  5. Bagian K3L mendokumentasikan dengan baik rekaman pelatihan induksi awal seluruh karyawan.

A.2 Pelatihan induksi singkat K3L.

  1. Semua orang yang mengunjungi jobsite dengan kepentingan tertentu disebut tamu, baik dari kantor pusat atau supplier harus memperoleh pelatihan induksi singkat K3L dari koordinator pelatihan K3L.
  2. Materi yang diberikan kepada visitor dalam Pelatihan induksi singkat K3L meliputi :
  • Peraturan K3L yang berlaku di site
  • Bahaya dan Resiko di site
  • Kondisi site secara umum
  • Hak dan kewajiban tamu
  1. Pengunjung / visitor yang telah memahami semua materi dalam pelatihan induksi singkat K3L berhak mendapatkan ijin masuk/beraktivitas ke area kerja PT. Riung mitra Lestari selaku Pengunjung / tamu.
  2. Bagian K3L mendokumentasikan dengan baik rekaman pelatihan induksi singkat seluruh karyawan.
  1. Pelatihan induksi K3L Penyegaran/Review
  2. Semua karyawan PT. Riung Mitra Lestari maupun karyawan sub-kontraktor yang telah mengikuti pelatihan Induksi awal lebih dari satu tahun berhak mendapatkan Pelatihan Induksi K3L Penyegaran/Refresh.
  3. Karyawan PT. Riung Mitra Lestari ataupun Sub Kontraktor yang telah memenuhi syarat untuk memperoleh pelatihan induksi K3L penyegaran/refresh akan mengikuti pelatihan induksi K3L penyegaran/refresh dengan jadwal yang fleksibel.
  4. Peserta Pelatihan Induksi K3L Penyegaran/refresh akan mengikuti ujina/test diakhir pelatihan.
  5. Peserta harus mencapai angka tertentu untuk dinyatakan lulus dari ujian dan berhak untuk mendapatkan ijin bekerja kembali ke bagian nya masing-masing.
  6. Bagian K3L mendokumentasikan dengan baik rekaman pelatihan induksi penyegaran seluruh karyawan.
  1. Pelatihan induksi K3L khusus.
  2. Semua karyawan PT. Riung Mitra Lestari maupun karyawan sub-kontraktor yang dinyatakan pindah dari cestion ke section atau bagian ke bagian atau dari Jobsite ke Jobsite yang lain harus mengikuti Pelatihan Induksi Khusus.
  3. Karyawan PT. Riung Mitra Lestari ataupun Sub Kontraktor yang telah memenuhi syarat untuk memperoleh pelatihan induksi K3L Khusus akan mengikuti pelatihan induksi K3L Khusus dengan jadwal yang fleksibel.
  4. Peserta Pelatihan Induksi K3L Khusus akan mengikuti ujian/test diakhir pelatihan.
  5. Peserta harus mencapai angka tertentu untuk dinyatakan lulus dari ujian dan berhak untuk mendapatkan ijin bekerja di section atau bagian atau jobsite yang baru.
  6. Bagian K3L mendokumentasikan dengan baik rekaman pelatihan induksi penyegaran seluruh karyawan.

6.  Dokumen Terkait

  • FRM-HSE-004 (Formulir Induksi K3L Karyawan Baru di wilayah Kerja PT. Riung Mitra Lestari)
  • FRM-HSE-005 (Formulir Induksi K3L Tamu/Pengunjung)
  • FRM-HGA-006 (Daftar Hadir Induksi K3L)
Views All Time
Views All Time
103
Views Today
Views Today
1