Pelaporan bahaya dan perilaku positif

Pelaporan bahaya dan perilaku positif

 

Daftar Isi

  1. Tujuan.
  2. Ruang Lingkup.
  3. Referensi
  4. Definisi
  5. Prosedur
    5.1.   Tugas dan Tanggung-jawab dalam Pelaporan Bahaya dan Perilaku positif
    5.2.   Prosedur Pelaporan Bahaya dan Perilaku Positif
  6. Dokumen Terkait
  1. Tujuan

    Prosedur ini bertujuan untuk :

      1. Memastikan adanya sistem pelaporan bahaya dan perilaku positif di lingkungan perusahaan.
      2. Memastikan adanya laporan bahaya agar informasi yang disampaikan dapat di analisis, dan ditentukan tindakan perbaikan segera terhadap hal-hal yang berulang pada area yang kritis.
      3. Memastikan adanya pengakuan dan penghargaan terhadap perilaku positif karyawan dalam sistem K3L.
  2. Ruang Lingkup

    Prosedur ini hanya berlaku di lingkungan PT Riung Mitra Lestari (RML).

  3. Referensi

      • ISO 9001: 2008 klausul 5.2 Customer Focus, 5.5.3 Internal Communication dan 7. Product Realization
      • ISO 14001 : 2004, Klausul 4.3.1 Environmental Aspect , 4.4.3 Communication dan 4.4.6 Operational Control
      • OHSAS 18001:2007, Klausal 4.3.1 HIRA-DC, 4.4.3 Communication, Participation and Consultation dan 4.4.6 Operational Control
      • Persyaratan SMK3 PP No. 50 Tahun 2012
      • Persyaratan SMKP Permen ESDM No. 38 Tahun 2014
  4. Definisi

      1. Bahaya adalah sesuatu (Zat, kondisi, perilaku) yang berpotensial menyebabkan kecelakaan.
      2. Perilaku positif adalah tindakan seseorang yang mencerminkan perilaku kepatuhan terhadap prosedur kerja.
      3. Near miss adalah Kejadian hampir celaka, dengan sedikit perpindahan energi akan mengakibatkan kecelakaan.
      4. Kartu Laporan bahaya adalah kartu yang digunakan untuk menuliskan/melaporkan bahaya yang ditemui di area kerja bagi karyawan.
  5. Prosedur

    5.1. Tugas dan Tanggung-jawab Pelaporan Bahaya dan Perilaku Positif

      1. Manager Proyek bertanggung-jawab untuk memastikan adanya sistem Pelaporan Bahaya dan Perilaku Positif di jobsite.
      2. Kepala Bagian HSE bertanggung-jawab untuk memastikan sarana pelaporan bahaya dan perilaku positif di Jobsite berupa “Kartu Pelaporan Bahaya” tersedia dalam jumlah yang memadai.
      3. Kepala Bagian HSE bertanggung-jawab untuk memastikan seluruh karyawan Jobsite mengerti dan memahami fungsi dan cara pengisian “Kartu Pelaporan Bahaya”.
      4. Kepala Seksi masing-masing bagian bertanggung-jawab menilai dan memverifikasi kartu Pelaporan bahaya yang masuk (baik pelaporan bahaya maupun perilaku positif karyawan).
      5. Kepala Seksi tiap bagian bertanggung-jawab untuk menentukan tindakan perbaikan dari temuan-temuan bahaya yang berulang di area kerjanya dan bertanggung-jawab atas penerapan tindakan perbaikan yang telah ditentukan.
      6. Kepala Seksi tiap bagian bertanggung-jawab untuk membuat inventory terladap perilaku positif karyawan yang terlaporkan.
      7. Kepala Seksi tiap bagian bertanggung-jawab untuk membuat ringkasan kartu pelaporan bahaya dan menyerahkan semua kartu Pelaporan Bahaya yang terisi kepada Bagian HSE setiap hari.
      8. Kepala Bagian HSE bertanggung-jawab untuk membuat ringkasan dan analisa terhadap ringkasan kartu pelaporan bahaya dan perilaku positif karyawan setiap minggu dan setiap bulan untuk disampaikan dalam pertemuan- pertemuan K3L.
      9. Kepala Bagian HSE bertanggung-jawab untuk menyerahkan ringkasan dan analisa bulanan terhadap kartu pelaporan bahaya kepada Manager Proyek dan semua kepala bagian.
      10. Semua karyawan bertanggung-jawab untuk melaporkan setiap bahaya dan tindakan perbaikan yang telah dibuat dan perilaku positif karyawan lainnya.

    5.2. Prosedur Pemilihan Pelaporan Bahaya dan Perilaku Positif.

      1. Semua bahaya dan perilaku positif karyawan harus diinformasikan kepada atasan langsung salah satunya menggunakan media yang telah ditentukan.
      2. Seluruh karyawan harus melaporkan semua bahaya menggunakan kartu pelaporan bahaya sedangkan untuk pelaporan perilaku positif secara tertulis menggunakan menggunakan kartu PEKA.
      3. Kepala seksi dan pengawas lapangan tiap bagian harus memastikan tersedianya “kartu pelaporan bahaya” dan kartu PEKA dalam jumlah yang cukup untuk digunakan setiap saat oleh karyawan.
      4. Semua Kartu pelaporan bahaya dan kartu PEKA yang telah terisi harus diserahkan kepada atasan langsung/kepala seksi masing-masing bagian setiap hari.
      5. Kepala seksi tiap bagian harus menginformasikan kepada Kepala bagian K3L tentang semua temuan kritis yang ditemukan dalam Kartu Pelaporan bahaya yang diterimanya.
      6. Kepala seksi masing-masing bagian harus memverifikasi Kartu pelaporan bahaya yang masuk serta menilai dan menentukan tindakan penyelidikan yang lengkap.
      7. Kepala seksi masing-masing bagian (dan bersama Kepala bagian, jika diperlukan) harus menentukan tindakan perbaikan dari bahaya-bahaya yang kritis dan berulang di area kerjanya dan melakukan tindakan perbaikan yang telah ditentukan.
      8. Perilaku positif karyawan yang diinformasikan melalui “Kartu PEKA” harus di buat ringkasan yang jelas meliputi nama karwayan, bagian, tanggal, jam, lokasi dan perilaku positif oleh bagian nya masing-masing.
      9. Kartu Pelaporan Bahaya dan kartu PEKA yang terkumpul pada Kepala seksi tiap bagian harus disampaikan kepada bagian HSE setiap hari.
      10. Bagian HSE membuat Ringkasan Kartu Laporan bahaya dan kartu PEKA tiap hari (resume bahaya dan tindakan positif karyawan) dan disampaikan dalam pertemuan harian untuk mendapat respon dari peserta pertemuan.
      11. Bagian HSE membuat analisa dan Ringkasan Kartu pelaporan bahaya dan kartu PEKA mingguan dan bulanan untuk disampaikan dalam pertemuan Komite K3L level 1 dan Level 2.
      12. Bagian HSE menyampaikan salinan dari analisa dan ringkasan kartu pelaporan bahaya dan kartu PEKA bulanan kepada proyek manager dan semua kepala bagian di jobsite.
  6. Dokumen Terkait

      • FRM-HSE-009 ( Formulir Kartu Pelaporan Bahaya )
      • FRM-HSE-010 ( Formulir Kartu PEKA )
      • FRM-HSE-011 (Formulir Resume Pelaporan Bahaya )
      • FRM-HSE-012 ( Formulir Resume Kartu PEKA )
Views All Time
Views All Time
94
Views Today
Views Today
1